Plus Minus Mobil Penggerak Roda Depan

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Bagi Anda pecinta dan pengguna mobil, mungkin sistem penggerak roda depan atau belakang, menjadi salah satu kriteria dalam memilih mobil saat pertama membeli.

Banyak anggapan bahwa sistem tersebut sedikit tidaknya akan mempengaruhi dari segi kenyamanan, akselerasi maupun konsumsi bahan bakar. Namun hal itu, tidak serta merta benar. Kenapa? Karena baik mobil pengerak roda depan atau sistem penggerak belakang masing-masing mempunyai kemampuan dan kekurangan tersendiri.

Mobil dengan sistem penggerak roda depan atau FWD (front wheel drive) dijalankan oleh roda depan yang langsung digerakkan oleh mesin sehingga roda depan menggerakan roda belakang.

Rifat Sungkar, pebalap nasional yang telah malang melintang di dunia balap rally menuturkan, secara konstruksi untuk ukuran mobil tertentu, penggerak roda depan itu lebih nyaman dikemudikan bila dibanding penggerak roda belakang. Alasannya karena posisi stir/kemudi pasti akan mengikuti arah kemudi sesuai penggunanya.

“Diarahkan kemana saja dia pasti akan belok ke situ,” kata Rifat Sungkar, kepada Rajamobil.com, di Jakarta, Selasa (11/11).

Ia menggambarkan, jika diperhatikan penggerak roda depan itu secara konstruksi biasanya memiliki space tempat duduk belakang lebih lapang, dengan alasan bagian bawah mobil lebih flat floor karena tidak ada gardan belakang.

Adapun kelebihan dan kekurangan mobil dengan sistem penggerak roda depan sebagian besar adalah sebagai berikut:

1. Kelebihan:

– Distribusi tenaga lebih efisien

– Memiliki akselerasi lebih gesit.

– Memiliki manuver lebih lincah.

– Pemakaian BBM lebih hemat.

– Memiliki ruang kabin belakang lebih luas

– Umumnya dirancang untuk mobil perkotaan

2. Kekurangan:

– Membutuhkan ruang mesin lebih banyak

– Rancangan desain mesin sedikit lebih rumit

– Beban mobil tertumpu di bagian depan

– Butuh perawatan rutin dan berkala.

– Untuk jalan menanjak, performa tidak sekuat mobil penggerak roda belakang.

 

Wanna See More?? Go to
rajamobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *