Bingung Pilih Toyota Calya Atau Daihatsu Sigra?

Sigra dari Daihatsu dan Calya dari Toyota memang sama-sama diproduksi di pabrik Daihatsu. Dari segi spesifikasi  sampai  mesin pun dan bahkan harga jualnya pun mirip-mirip. Sebagai konsumen bingung harus memilih yang mana.

Bila dilihat dari depan kedua mobil murah ini bisa dikatakan mirip namun ada perbedaannya bila kita cermati secara detil.  Bila Daihatsu Sigra mirip dengan Toyota Avanza sedangkanToyota Calya mirip dengan Toyota Veloz. Di bagian lampu depan didesain lebih tajam dan dipermanis dengan laburan krom pada  grillnya yang membedakannya hanya dibagian logonya saja.

Beralih ke aliran udaranya, Daihatsu Sigra terlihat lebih agresif dengan ketegasan sudut yang lebih tajam. Dan dibagian bumper aliran udaranya dibuat terpisah. Bila di Toyota Calya aliran udaranya dibuat menyatu dengan bumper diperhatikan mirip dengan Toyota Veloz beda dengan Calya aliran udaranya pada bumper.

Untuk cover foglamp ( lampu kabut) Sigra dibuat meruncing dengan posisi horizontal, sedangkan Calya posisinya vertical dengan desain yang juga cenderung tajam.  Selain tampang, juga harganya mirip. Tipe tertinggi Toyota Calya tipe G AT banderolnya Rp 149,5 jutaan, sementara Daihatsu Sigra tertinggi tipe R Deluxe banderolnya Rp 148,6 jutaan. Selisih hanya Rp 900 ribuan.

Padahal kalau kita lihat pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, juga Toyota Rush dan Daihatsu Terios, bahkan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, semua mobil Daihatsu memang diposisikan punya harga selalu lebih murah. Kisarannya bisa sampai Rp 10 jutaan lebih.

Namun untuk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, beda harga antara keduanya hanya tipis saja. Sehingga, hanya tinggal usungan fitur dan tampangnya saja yang membuat orang menentukan mau beli merek Toyota atau Daihatsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *