Lampu Rem Indikator Menyala, Apa Artinya?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Pada sejumlah mobil kelas menengah, keberadaan multi information display (MID) teramat penting, karena di sinilah beragam informasi mengenai mobil akan terpampang, mulai dari kecepatan, suhu, jarak tempuh dan sebagainya.

Pada MID juga tertampil beragam lampu indikator untuk memberikan informasi kepada pengemudi bila ada masalah pada salah satu fungsi atau sistem, salah satunya adalah lampu indikator rem.

Jika Anda melihat lampu peringatan rem menyala, itu artinya ada sesuatu yang salah dengan sistem penghenti laju kendaraan alias rem. Apa yang harus segera dilakukan?

Saat lampu indikator rem menyala, sebaiknya Anda memeriksa buku panduan (manual) untuk mengetahui arti atau maksudnya. Ini penting, karena lampu indikator rem ini tidak memiliki fungsi standar di masing-masing kendaraan.

Artinya, lampu indikator ini dapat dipakai untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh, lampu ini bisa digunakan sebagai penanda bahwa hand brake atau rem tangan sedang difungsikan. Bila kasus seperti ini terjadi pada saat mobil berjalan, biasanya akan tercium seperti kanvas rem terbakar.

Selain itu, lampu indikator ini juga dapat mengindikasikan bahwa oli pada master cylinder kurang.

Untuk itu, sebaiknya setiap bepergian Anda selalu membawa buku panduan di dalam laci mobil Anda agar bila terjadi masalah, Anda tahu penyebabnya.

 

Wanna See More?? Go to
rajamobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *