Ini Cara Benar Buka Pasang Kabel Aki

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Jika Anda ingin mengutak-atik mobil yang ada hubungannya dengan kelistrikan, sebaiknya cabut dulu kabel dari aki. Tahukah caranya?

Saat akan membuka kepala aki, berhati-hatilah karena kalau salah akan memicu masalah. Langkah pertama adalah longgarkan konektor atau kepala aki di terminal negatif atau ground terlebih dulu dan kemudian cabut.

Jika Anda ingin melepas aki dari tempatnya, buka juga kabel yang ke terminal positif. Tapi yang patut Anda ingat adalah, lepaskan dulu kabel negatif dan diikuti kabel positif. Kenapa demikian?

Alasannya adalah, jika Anda melepas kabel positif dulu, kabel negatif masih terhubung dengan mobil secara keseluruhan. Dan jika Anda menjatuhkan peralatan kerja dan jatuh di terminal positif dan menyentuh benda-benda lain di mobil, ini akan memicu hubungan pendek arus listrik.

Nah, bila Anda mencabut kabel negatif lebih dulu, maka dengan sendirinya Anda memutuskan hubungan arus listrik ke bodi mobil. Dan jika ada benda logam jatuh di kedua terminal sekalipun tak akan mengalami masalah.

Langkah berikut yang perlu diingat saat akan memasang kembali aki, yang disambungkan pertama kali adalah kabel positif dan diikuti dengan kabel negatif. Ini kebalikan dengan saat membuka.

Hal ini juga ada alasannya. Ketika Anda akan memasangkan kabel negatif ke terminal aki, pasti akan muncul percikan api saat didekatkan dengan terminal. Tak perlu panik, karena kalau kepala aki sudah terpasang sempurna, percikan itu tak akan muncul lagi.

Selamat mencoba.

 

Wanna See More?? Go to
rajamobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *