Perbedaan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra telah resmi diluncurkan pada bulan Agustus 2016 berbarengan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Kedua mobil ini bila dilihat secara seksama dikatakan kembar namun mobil murah keduanya diproduksi di Astra Daihatsu Motor ( ADM ) dan keduanya memiliki sejumlah perbedaan baik dari desain eksterior dan interior maupun fiturnya.

Baik Daihatsu Sigra dan Toyota Calya sama-sama berada di segmen mobil MPV LCGC yang tentu saja harganya lebih murah dibandingkan dengan kakaknya yaitu Daihatsu Xenia serta Toyota Avanza.

Banyak hal menarik yang bisa dibahas dari kedua mobil ini misalnya saja dari segi perbedaan yang ternyata sengaja dibuat mencolok agar konsumen bisa melihat perbedaan Calya dan Sigra secara langsung.

Misalnya saja dari segi desain Daihatsu Sigra memiliki tampilan depan yang lebih menyudut dan bisa dikatakan lebih cocok sebagai penerus Daihatsu Ayla. Selain itu Sigra juga banyak memakai aksen krom yang disematkan di beberapa bagian mulai dari grill depan dan bidang bawah bumper depan.

Tidak hanya itu saja grill milik Daihatsu Sigra juga lebih lebar sedangkan untuk Toyota Calya memakai grill seperti huruf X. Beralih kebagian dapur pacunya baik Daihatsu Sigra dan Toyota Calya sama-sama mengusung mesin berteknologi Dual VVT-i, bedanya Sigra justru memiliki dua pilihan mesin kepada konsumennya yaitu 1.0 liter dan 1.2 liter sedangkan untuk Calya hanya menawarkan mesin 1.2 liter saja. Kemudian untuk sektor interior keduanya tidak banyak perbedaan mulai dari bagian dashboard, jok dan lain sebagainya.

Yang menjadi pembeda antara ruang kabin milik Calya dengan Sigra yaitu mobil baru milik Daihatsu tersebut tidak memiliki headrest dibagian tengah dan tidak dilengkapi pula sabuk pengaman pada kursi kedua yang tengah.

Alasan itu pula yang membuat Daihatsu Sigra memiliki harga yang relatif lebih murah ketimbang saudaranya tersebut. Untuk yang paling murah saja Daihatsu Sigra bisa dibeli dengan harga Rp 106 jutaan sampai yang paling mahal hanya Rp 149 jutaan.

Sementara itu Toyota Calya yang mengusung tampilan interior lebih elegan dan hanya memiliki satu pilihan mesin dijual dengan harga mulai Rp 129 jutaan sedangkan untuk varian tertinggi harganya bisa mencapai Rp 150 jutaan.

Meskipun beda harga namun baik Daihatsu Sigra dan Toyota Calya sama-sama cocok bagi konsumen khususnya keluarga kelas menengah ke bawah yang menginginkan sebuah kendaraan MPV murah dengan fitur cukup lengkap.

Wanna See More?? Go to
rajamobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *